• Perangkat Jaringan






     1. Repeater




    Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).
    Penjelasan diatas Dilansir dari wikipedia, Penguat Sinyal (inggrisnya=repeater) adalah sebuah perangkat elektronik yang menerima isyarat dan mentransmisikan kembali isyarat tersebut dengan daya yang lebih tinggi, sehingga isyarat tersebut dapat menjangkau area yang lebih luas.

    Fungsi Repeater

    Repeater juga memiliki beberapa fungsi antara lain:
    1. Untuk mengcover daerah-daerah yang lemah sinyal wifi dari Server (pemancar)
    2. Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar)
    3. Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server



     2. Bridge



    Bridge atau network bridge yang dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan jembatan jaringan merupakan sebuah komponen jaringan yang banyak dipergunakan untuk memperluas jaringan atau membuat segmen jaringan.
    Bridge mampu menghubungkan sesama jaringan LAN (Local Area Network) komputer. Selain itu, bridge juga digunakan untuk mengubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ehernet. Bridge akan memetakan alamat Ethernet dari setiap titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan kemudian menyeleksi dan hanya memperbolehkan perpindahan data yang diperlukan melalui jaringan.


     3. Network Interface Card (NIC)




    Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

    Fungsi Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan

    1. Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:
    2. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
    3. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.


  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar